Baso Yen Bandung, Pabrik Baso Yen Bandung, Mie Yen Bandung, Sosis Yen Bandung

Hubungi Kami : (+62) 22 520 3504 / (+62) 22 522 7061 atau tinggalkan pesan TULIS PESAN

Berita Baso Yen

Oct 01

Mengapa Diet Sehat Dengan Oatmeal Dianjurkan Oleh Ahli Gizi?

Tags: tips kesehatan, baso yen
Mengapa Diet Sehat Dengan Oatmeal Dianjurkan Oleh Ahli Gizi?

Halo sobat YEN, tulisan kali ini akan membahas tentang diet sehat dengan oatmeal. Oat atau lebih dikenal sebagai gandum merupakan salah satu bahan makanan tertua di dunia. Oat sendiri merupakan tanaman yang masih serumpun dengan padi. Dari jaman dahulu, oat sudah digunakan sebagai bahan makanan untuk manusia ataupun untuk makanan ternak.

Di Indonesia, oat pertama kali diperkenalkan oleh bangsa kolonial belanda sebagai bubur yang lebih sering disebut dengan havermut. Oat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena pada bijinya memiliki kandungan protein, karbohidrat, serat, dan air. Berangkat dari kandungannya yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, maka muncullah program diet dengan oatmeal.

Banyak ahli gizi yang menyarankan penggunaan oatmeal dalam menu makan. Secara medis, oatmeal terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta membantu para penderita diabetes dalam memilih jenis makanan yang aman. Fungsi oatmeal untuk menjaga kadar gula dan kolestrol membuat makanan ini menjadi sangat dianjurkan.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari oatmeal adalah untuk mencegah kanker usus serta dapat memperindah kulit wajah karena kaya akan kandungan serat. Diet dengan oatmeal bukanlah hal yang sulit karena saat ini sudah tersedia oatmeal dalam kemasaan instan yang juga memberikan banyak varian rasa.
Diet Sehat Dengan Oatmeal sangat dianjurkan karena memberikan banyak manfat seperti:

Melawan Kolesterol Jahat
Kolesterol jahat sangat berpotensi menimbulkan penyumbatan sehingga resiko terkena serangan jantung sangat tinggi. Dengan kandungan antioksidan yang dimiliki oatmeal, serta kandungan seratnya yang banyak membuat kolesterol dalam tubuh dapat dikendalikan.

Mengontrol Kadar Gula
Bagi para penderita diabetes, pilihan menu makanan menjadi lebih sulit dibanding orang normal. Namun oatmeal sangat cocok untuk dijadikan sarapan bagi penderita diabetes. Biji oat akan berfungsi untuk mengendalikan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga sangat membantu bagi para penderita diabetes.

Mengurangi Resiko Penyakit Asma
Resiko penyakit asma bisa dikurangi dengan mengonsumsi oatmeal. Hal ini dikarenakan kandungan zat avenin yang sangat bermanfaat untuk kelenjar tiroid. Dengan meningkatnya fungsi dari kelenjar tiroid, maka kemungkinan terkena penyakit asma bisa diminimalisir.

Segudang manfaat yang dimiliki oatmeal menjadi alasan tepat mengapa diet dengan oatmeal sangat dianjurkan. Banyaknya varian penyajian dari oatmeal menjadi salah satu bahan makanan favorit bagi para dieter.

  • Cara Menyajikan Diet Sehat Oatmeal

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan oatmeal secara maksimal, perlu teknik penyajian khusus. Pada umumnya, penyajian oatmeal dilakukan dengan mengcampurkan setengah cangkir oatmeal dan satu cangkir susu non lemak. Lalu direbus kurang lebih 1 menit di atas api yang sedang.

Oatmeal yang sudah melewati proses pengeringan sebenarnya dapat dimakan mentah. Namun anda bisa menyajikannya dengan berbagai varian untuk meningkatkan selera makan. Penyajian oatmeal dalam bentuk bubur (havermut) juga akan terasa lezat. Kandungan antioksidan dalam oatmeal juga dapat diperoleh secara lebih optimal dengan menambahkan blueberry, atau menambahkan telur rebus sehingga anda juga bisa mendapatkan kandungan protein tambahan.


Jadi jangan ragu untuk melakukan diet sehat dengan oatmeal, karena anda akan memperoleh banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengapa Diet Sehat Dengan Oatmeal Dianjurkan Oleh Ahli Gizi?